Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi Data Base

Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi Data Base

Penggunaan aplikasi data base dalam pengembangan perangkat lunak pada saat ini tergolong cukup pesat. Hal ini diimbangi dengan adanya perkembangan teknologi berupa perangkat lunak atau software yang di dalamnya terdapat banyak data dan file penting. Dari banyaknya data dan file yang ada di dalamnya mengakibatkan pengembangan aplikasi data base menjadi lebih cepat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Aplikasi ini biasa digunakan oleh tim pengolah database atau developer. Oleh sebab itu, untuk mempermudah proses pengerjaan database diperlukan bantuan dari database manager yang nantinya bisa digunakan untuk melihat, menghapus, mengubah ataupun memasukkan data ke dalam aplikasi database. Di bawah ini ialah manager aplikasi data base yang banyak digunakan atau umum dipakai oleh tim pengolah data

4 Contoh Manager Aplikasi Data Base Yang Biasa Digunakan

Mengenal Lebih Jauh Tentang Aplikasi Data Base

Aplikasi manager pertama ialah PHPMyAdmin yang termasuk ke dalam salah satu manager data base  populer dan banyak digunakan. Aplikasi manager data base ini dapat digunakan secara bebas di bawah lisensi dari GNU GPL. Meski kerap dikatakan sebagai aplikasi, namun oada dasarnya PHPMyAdmin bukanlah aplikasi melainkan sebuah manager data base yang dijalankan melalui web browser pada perangkat Anda sehingga tidak perlu repot menginstall aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Adapun beberapa jenis data base yang support dengan sistem aplikasi manager ini ialah MySQL, Drizzle dan MariaDB. Disamping itu, PHPMyAdmin juga memilik beberapa fitur unggulan yang tidak kalah menariknya dengan beberapa situs manager data base lainnya. Di bawah ini ialah beberapa diantaranya:

1. Memiliki tampilan sirus atau website yang sangat baik dan menarik.

2. Mampu mengeksekusi perintah kerja SQL.

3. Mampu memberikan bookmark terhadap perintah SQL dalam segala statement.

4. Support atau mendukung program operasi yang digunakan MySQL seperti mengubah, menyakin dan menghapus data base.

5. Mampu mengekspor file dalam berbagai macam format seperti misalnya PDF, DOC, CSV, XML, SQL dan masih banyak lagi.

Kedua yakni MySQL Workbench atau aplikasi berbasis GUI yang bisa digunakan sebagai manager aplikasi data base berbasis MySQL dengan versi server 5.1 ke atas. Tidak kalah menarik dibandingkan PHPMyAdmin, MySQL juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti diantaranya:

1. Mampu membuat skema data base

2. Mampu mengeksekusi kueri SQL melalui aplikasi editor SQL yang telah tersedia.

3. Membuat koneksi dengan server database SQL.

4. Bisa digunakan untuk melakukan migrasi dari Microsoft Acces, Microsoft SQL Server, Sybase ASE, SQL Anywhere, SQ Lite, PostreSQL, dan objek RDBMS lainnya menjadi serves MySQL.

5. Mampu menjalankan manager server berupa administrasi pengguna, proses back-up dan recovery, monitoring dan masih banyak lagi.

Aplikasi data base ketiga yakni DbVisualizer, aplikasi manager ini mempunyai basis yang sama dengan MySQL yaitu GUI. Keuntungan dari penggunaan aplkasi ini adalah mampu dijadikan sebagai multiplatfrom saat menjalankannya karena server yang dimilikinya support dengan sistem operasi Windows, Linux dan MacOs. Beberapa fitur yang dimilikinya yakni SQL, Sybase, Oracle PostgreSQL, DB2,  Neoview, Mimer SQL, JavaDB/Derby, SQLite, H2, NuoDB, Vertica dan Informix.

Selanjutnya atau aplikasi keempat ialah HeidiSQL yang termasuk sebagai aplikasi manager data base dengan desain khusus untuk web developer pengguna sistem MySQL, PostgreSQL ataupun Microsoft SQL. HeidiSQL memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan seperti mengubah atau membuat data berupa tabel, view, trigger, prosedur dan berbagai macam event. Disamping itu, proses impor dan ekspor data base juga bisa dijalankan menggunakan sistem aplikasi ini.

Itulah ke-empat contoh aplikasi manager data base yang biasa atau populer digunakan oleh kebanyakan tim olah data atau developer pada umumnya. Selain menggunakan aplikasi manager terbaik, Anda juga perlu mengetahui apa sebenarnya keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan sistem manager data base dalam beberapa aplikasi di atas, berikut ialah beberapa diantaranya

Keuntungan Penggunaan Data Base

aplikasi data base

1. Mampu mengurangi redundancy mengingat data yang disimpan hanya perlu dilakukan sekali simpan saja tidak perlu dilakukan berulang kali atau banyak dilakukan pengandaan data.

2. Mampu menyimpan data secara akurat dan aman dibandingkan penyimpanan data secara manual.

3. Mampu menghindari atau meminimalisir terjadinya inkonsisten karena data yang disimpan hanya berjumlah satu kali sehingga proses update juga akan lebih cepat dan lebih efisien.

4. Dapat digunakan bersama-sama, seperti halnya satu data yang bisa diakses secara bermaan dalam waktu yang sama oleh beberapa orang sekaligus.

5. Terdapat keseragaman atau kesamaan saat menyajikan atau menampilkan data.

6. Mampu menyeimbangkan dan menyesuaikan kebutuhan seperti misalnya memprioritaskan operasi.

Itulah keuntunyan yang diperoleh ketika menggunakan sistem operasi data base. Beberapa keuntungan tersebut bisa diraih dengan kinerja developer yang maksimal dibantu dengan adanya aplikasi data base meneger yang bisa mengatur dan membantu penggunaan data base.